Senin, 14 Mei 2012

Faktor peyebab Hardisk sering kali rusak



Faktor peyebab Hardisk sering kali rusak Hardisk merupakan hardware komputer yang sangat vital sekali dan suatu otak data dalam computer yang mampu meyimpan data secara detail ketika di simpan.
Ada beberapa faktor penyebab hardisk sering rusak ketika di pakai di computer :
  • Sering matinya aliran listrik secara mendadak
Untuk cegah masalah ini dapat di gunakan UPS atau Adaptor aliran listrik yang masuk ke computer yang apabila mati liatrik medadak secara otomatis komputer tidak ikut mati jadi ini merupakan kesempatan meyimpan data dan mematikan komputer secara aman.
  • Mematikan komputer lewat tombol Reset
Untuk mematikan komputer lewat tombol reset yang paling mudah tetapi hal ini jangan di anggap sepela akan dapat berakibat sangat fatal pada hardisk,karena jarum yang terdapat pada dalam hardisk berkerja secara otomatis sehingga menggores pada piringan hardisk di akbitkan kejutan mati nya komputar sehingga terjadi kerusakan pada badsector hardisk itu sendiri.
  • CPU Komputer terkena cairan
Faktor ini bisa saja terjadi kerana baik unsur di sengaja maupun tidak di sengaja meletakan suatu cairan di atas CPU komputer sehingga terjadi tumpahnya cairan masuk ke dalam CPU mengakibatkan konsleting pada CPU mengkaibatkan kerusakan hardisk.
  • Umur Hardisk yang sudah lama
Kalau hardisk yang dalam prediksi sudah lama di pakai dalam suatu komputer ada baiknya data yang ada dalam hardisk tersebut di back up ketempat lain atau copy ke CVD / DVD bisa juga di copy ke flashdisk  suatu saat hardisk terjadi kerusakan mendadak masih ada backup nya.
Usahakan Komputer sebisa mungkin di gunakan pada suhu yang tidak terlalu panas karena sangat mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar