Senin, 14 Mei 2012

Tips Mempercepat Proses Shutdown Pada Komputer/Laptop

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.


Selamat sore sobat udin semuanya. Sudah pada pulang dari kampus atau masih di kampus nih sob?
Hhhmm,, dimanapun sobat berada yang pasti saya harap sobat trik udin semua tetap dalam keadaan sehat ya. :D

Pada kesempatan kali ini ruki-zone ingin share tips tentang komputer lagi nih sob. Kemaren kan kita sudah bicara tentang cara mempercepat proses booting/proses loading komputer/laptop ketika menghidupkannya. Rasanya nggak lengkap jika kita telah membuat proses booting menjadi cepat tapi proses/loading ketika mematikannya/shutdown tetap lambat. Untuk itu pada sore ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjadi shutdown komputer menjadi lebih cepat.

Langkah-langkahnya lumayan ribet juga sob, harus buka ini, buka itu, klik ini, klik itu, tapi alhamdulillah saya telah menemukan cara untuk mempersingkat langkah tersebut, tujuannya untuk lebih mempermudah sobat ruki dalam melakukan proses ini. Apalagi beberapa sobat ruki yang ada di kampus pernah request kalau bisa langkah-langkah dalam tips 'n trik komputer yang ada di ruki-zone dibuat yg lebih simpel lagi ya, suka bingung.

Oke, sekarang kita masuk ke proses mempercepat shutdown komputer tadi.
  1. Sobat tekan START + E (untuk membuka windows explore).
  2. Klik menu SEARCH yang ada di windows explore tersebut. (letak dan model menu search tergantung OS yang sobat gunakan. Dalam Tutorial ini saya memakai OS XP-Black Edition.)
  3. Pilih opsi ketiga ya itu "ALL FILES AND FOLDERS"pada pertanyaan "WHAT DO YOU WANT TO SEARCH FOR?" (Lihat pada sudut kanan bawah, biasanya muncul di atas animasi anjing peliharaan windows sobat.)
  4. Setelah itu ketik kata "regedit" tanpa tanda petik dan klik "ENTER".
  5. Maka akan tampil file "regedit.exe" (lihat pada urutan pertama pada hasil pencarian).
  6. Setal sobat klik file "regedit.exe" tadi maka akan muncul windows baru. Silahkan sobat lihat di sebelah kanan, sobat akan menemukan 5 buah file. sobat lihat yang paling bawah yaitu "WaitToKillServiceTimeOut" dan klik 2x file tersebut.
  7. Maka akan tampil form "Edit String". Sekarang tugas sobat adalah mengubah "Value data" yang ada disana menjadi lebih kecil dari sebelumnya. (Saya menggunakan value 4000 yang sebelumnya adalah 20000). Setelah diubah menjadi lebih kecil dari sebelumnya silahkan sobat klik "OK".
  8. Sekarang silahkan sobat "RESTART" komputer sobat tersbut dan sobat akan merasakan perbedaan dari sebelumnya.
Untuk versi gambarnya silahkan lihat di bawah ini (setelah sebelumnya sobat membuka windows explore / START + E).




 



Semoga bermanfaat ya sobat..

Wassalam..

Read more: http://www.ruki-zone.com/2012/02/tips-mempercepat-proses-shutdown-pada.html#ixzz3k3W643a9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar